Untitled Document
 
 
Pengalaman
Sabtu, 11-08-2012 | 12:06 WIB

Pengalaman. Pernah denger pepatah: 'Tidak ada yg bisa menggantikan Pengalaman'. Iklan lowongan pekerjaan juga sering menekankan: 'diutamakan yg sudah berpengalaman'.

Drummer2 pemula sering bermasalah dengan pressure pas manggung. Ga perduli brapa ratus jam sudah dihabiskan di drumpad, latian sendiri n band. Tapi ketika naik ke panggung, tubuh serasa kaku, feel,groove n tempo memudar dan u ga taw bagaimana mengatasinya. Semua yg keliatan mudah pas latihan jadi seperti hal yg sangat sulit. N kalau ada hal2 yg 'tak terduga' (stik terlepas,head sobek, hardware copot)lengkaplah sudah penderitaan,hahaha.

Pernah ngalamin itu? Gw pernah loh, masa2 awal dulu. Main drum sekeras2nya, ga bisa ngatur tempo (semua musisi bilang terlalu keras n cepet, but what can I do??), kadang main bagus trus bisa main sangat jelek, pengen coba2 fill in baru tapi malah jadi disaster,hahaha..

Apalagi klo kita tw ada drummer senior hadir n nonton perform kita, kita bisa jadi grogi ataw malah jadi 'pengen pamer' (n biasanya mengacaukan keseluruhan performance band). Ataw bermain di tempat berbeda dengan animo n jumlah crowd yg berbeda2 menuntut tekanan yg berbeda.

Ternyata semua ga melulu bicara skill, tapi dalam hal ini memang pengalaman jauh lebih penting. Gw inget dulu pernah bikin CD lomba band di studio. Katanya cukup bikin 2 lagu, berhubung 1 shift tuh 7 jam (ada yg 6 n  sempet bercanda knapa ga sekalian bikin 10 lagu) Well, itu salah 1 candaan gw yg paling tolol, karena 5 setengah jam berlalu 1 lagupun blum jadi. Operator berkali2 menyetop rekaman karena: 'belang', 'tempo lari'. Tapi itu bener2 pengalaman berharga loh, so love ur metronome yahh

Sekitar 3-4 taun kemudian gw masuk studio lagi untuk mengerjakan album gereja gw. Dan 1 shift gw bisa nge-take 6 lagu (padahal ud potong break makan). Jelaslah bhwa pengalaman horor di studio bertahun2 sebelumnya telah menolong gw untuk bermain dalam rekaman. Pengalaman juga akan membuat u semakin rileks ketika perform. U smakin dewasa dalam bermain, semakin bisa menikmati musik n memilih teknik mana yg akan dan cocok dipake mana yg tidak. Bnyak drummer muda/pemula ingin memasukkan semua yg dy pelajari (dan belum dikuasai) ke dalam 1 lagu yg berdurasi 5-6 menit.

Seringkali hasilnya adalah kekacauan karena fokusnya adalah 'main drum' bukan 'main musik' (makin parah kalo temen 1 bandnya juga pemula) Kata kuncinya adalah perbanyak pengalaman bermainmu. Ga perduli seberapa bnyak latihan pribadimu, u harus bermain. Berinteraksi dengan musisi lain n bermain musik. Biarkan semua teknik hebat itu nge-blend d dalam jiwa u, sampe u bisa pake secara natural n relaks. Pelajari lebih bnyak musik (bukan sekedar beat). Rasakan bagaimana para drummer hebat bisa bermain simple,relax tapi powerfull n nge-groove. Bagaimana mreka memakai feel,groove,tempo n fill in yg cocok (bukan apa yg mreka bisa) untuk satu lagu.

Drummer berpengalaman biasanya punya kemampuan adaptasi yg hebat, mampu mengatasi tekanan n mampu menjadi dirinya sendiri, bermain dengan gayanya sendiri di segala situasi. So be adaptable n be yourself

Well semoga artikel ini bermanfaat buat temen2 semua. Gw belum jadi drummer pengalaman n masih perlu buanyaakk belajar. Mari kita sama2 bertumbuh sebagai drummer.

Keep Grooving!

@Tex_drummer

 
Untitled Document
Untitled Document
 
Home | About Us | Gallery | Links | Join Us | Blog | Contact Us | Official Merchandise | DFJ Artist | DFJ Video | Download