Untitled Document
 
 
Fashion for Drummer
Minggu, 08-01-2012 | 20:00 WIB

Kita pengen iseng ngupas soal “fashion” buat drummer. Kan harus keren dong, nama nya juga drummer masa kaga sadar gaya. Gimana orang mau nge-fans? :-p

 

FASHION DRUMMER TERKENAL

Fashion jarang (atau mungkin malah ga pernah) dikupas dalam lingkungan drumming. Padahal drummer keren pasti punya ciri dalam fashion nya, ga enak kan ngliat drumming yang udah keren tapi tampang drummer nya amburadul. Contoh simple:

- Thomas Lang: Hobi fitness, rambut selalu klimis, salah satu drummer yang perhatian sama clothing

- Chris Coleman: Sering pake atribut basket “Air Jordan” atau kostum hiphop lain nya yang “Nigga” banget

- Zoro: Identik dengan topi “zorro” nya dan bahkan banyak yang bilang kalo fashion nya lebih mirip make up artist :-D

- Jojo Mayer: Fashion nya selalu nyentrik model “hippies” era Janis Joplin gitu kan.. Pake kacamata model rayban gede.. Dan kalo di perhatiin, sering kali baju nya sama dari gigs ke gigs hehehe.. jarang ganti baju dia..

- Dave Grohl: Jeans, tshirt, canvas shoes (model converse) or kadang pake sepatu Vans.

-  Kenny Aronoff: Sebagai kolektor kacamata, dia selalu konser pake kacamata hitam nya dan ga pernah difoto tanpa kacamata.

- Joey Jordison: Serba “metal”, rambut gondrong terurai, kuku di cat hitam

- Thomas Pridgen: Selalu pake street wear, jeans, dan hampir selalu nge-gigs tanpa baju atasan (topless). Why not??

Mereka membentuk “image” nya sangat kuat, ga cuma dari karakter drumming nya saja tapi bahkan dari clothing nya. Jadi orang begitu ngeliat gaya yang mirip, langsung bisa meng-asosiasikan kalo gaya itu dengan gaya drummer tertentu.

Contohnya kalo ada drummer dengan rambut Mohawk, Tshirt di potong sisi samping nya, pake celana pendek dan kaus kaki putih panjang.. Pasti kita meng-asosiasikan gaya ini dengan Travis Barker. Hal ini dikarenakan Travis Barker yang jadi trend setter fashion ini dan banyak yang suka, banyak pula yang niru. Hebat banget ya? Ga cuma drumming nya yang di ulik, tapi drummer (atau non drummer) sampe ngikutin fashion nya.

FASHION KITA MENENTUKAN SIAPA AUDIENCE KITA

Kita adalah contoh (dan jadi pengaruh) dalam banyak hal selain dari musik kita, dalam fashion bisa kita liat, lets say;

- Yang dateng ke Java Jazz pasti pake kostum sesuai dengan event, cenderung rapi/ santai/ casual atau sesuai dengan artis idola yang dia pengen nonton.

- Konser metal audience nya pasti pake atribut Spikey, baju serba hitam, jaket kulit/ jeans, boot or canvas shoe, rambut Mohawk, etc.

- Yang dateng ke event dangdutan atau pop melayu dandan dengan jeans kerucut, jaket ala ST12, rambut polem (poni lempar) ala andika kangen band, etc.

- Untuk orchestra biasa nya menggunakan pakaian yang lebih rapi, beberapa milih untuk pake jas atau yang cewe pake long dress.

TIPS MEMILIH FASHION YANG IDENTIK

Gimana biasa nya venue untuk gigs kalian?

- Indoor atau outdoor? Siang atau malam? Gimana suhu di tempat itu? Ga mungkin pake full dress atau baju rangkep dobel tapi ternyata panas2an dan kita malah gerah sebelum main drum nya.

- Acara formal atau informal? Boleh ga kita masuk ke venue dengan celana pendek, tshirt dan kacamata hitam. Well, kalo gigs di pantai sih why not? Gimana dengan acara ball party di ballroom hotel? Tentunya harus disesuaikan kecuali kita berani tampil beda. WHY NOT?

- Coba bedakan, bagaimana penampilan kalian sehari2 atau penampilan waktu di gigs.. Asyik kalo image nya kuat waktu duduk sebagai drummer atau pas lagi jalan.. Asyik juga kan kalo sampe orang notice dan ngikutin gaya kita..

Buat yang pengen jadi artis, wajib banget nih bikin fashion yang identik. Masa cuma drumming kita atau drum kit kita yang identik? :-D

 
Untitled Document
Untitled Document
 
Home | About Us | Gallery | Links | Join Us | Blog | Contact Us | Official Merchandise | DFJ Artist | DFJ Video | Download